Selasa, 29 September 2009

Gubernur Wanita Pertama di Indonesia

Tau Nggak! Hj Ratu Atut Chosiyah, SE. Wanita kelahiran Ciomas, Serang, Banten 16 Mei 1962 ini adalah Gubernur Wanita pertama di Indonesia. Ratu atut dilantik pada 11 Januari 2007 dalam Sidang Paripurna Istimewa di Cipocok Jaya, Serang. Dimana pelantikannya dipimpin oleh Ketua DPRD Ady Surya Dharma. Pelantikan tersebut dihadiri oleh Sutiyoso, Agung Laksono dan Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad serta Bupati/Walikota se-Provinsi Banten dan sejumlah tokoh Nasional lainnya.

Ratu Atut yang berpasangan dengan calon wakil gubernur Mohammad Masduki. Pencalonan mereka tersebut didukung oleh partai-Partai besar seperti partai Golkar, PDI-P, PBR, PBB, PDS, Partai Patriot, dan PKPB. Berdasarkan hasil penghitungan manual yang dilakukan KPU Provinsi Banten, bersama pasangan wakil gubernur, Ratu Atut memperoleh 1.445.457 (40,15 persen) dari 3.599.850 suara sah. Proses penghitungan manual tersebut dilakukan di Hotel Le Dian, Serang. Hasil itu memastikan dirinya memenangi pemilihan kepala daerah Banten yang diselenggarakan pada 26 November 2006.

Awalnya Ratu Atut terpilih sebagai Wakil Gubernur berpasangan dengan Djoko Munandar pada 11 Januari 2002. Dan banyak pihak yang menentangnya karena wanita tidak layak untuk jadi pemimpin. Namun Ratu Atut tetap bertahan dan berusaha untuk membuktikan dirinya bahwa tanpa memandang jenis, wanita juga mampu untuk memimpin. Namun ketika Djoko Munandar dicopot dari jabatannya karena terkait kasus korupsi, Ratut Atut ditunjuk untuk menjabat sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Banten. Sebagai pelaksana tugas gubernur, ia mempersiapkan dan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah 2006. Dalam pilkada itu, ia juga mencalonkan diri sebagai gubernur dan berpasangan dengan calon wakil gubernur Mohammad Masduki. Dibalik dirinya sebagai seorang wanita dengan 3 (Tiga) orang anak, Ratu Atut adalah orang yang mau berkerja keras dan mempunyai karisma dalam memimpin Banten dan melayani rakyatnya.

(sumber:http://www.swaberita.com/2008/05/10/profil/hj-ratu-atut-chosiyah-se-gubernur-wanita-pertama-di-indonesia.html )

0 komentar: