Selasa, 29 September 2009

Majalah Berita Mingguan Pertama di Indonesia


Majalah Berita Mingguan pertama di Indonesia ternyata berasal dari Medan. majalah itu bernama "WAKTU". Mottonya cukup panjang "Majalah Nasional yang Riil, Obyektif dan Konstruktif. Modal, Usaha dan Pikiran Nasional Indonesia".


Majalah ini diterbitkan oleh N.V. Penerbitan dan Percetakan Waktu. Dengan alamat Administrasi: Pusat Pasar No. 44, Medan. Alamat Redaksi: Jl. Abdullah Lubis No. 2, Medan. Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi/Pemimpin Administrasi/Pemimpin Pertjetakan: Zahari. Staf Sidang Pengarang: Sjamsu Udaya; K. Tobing; Dr. A.K. Gani D. Tamin; Mr. Soebagio; Arsul Tumenggung; Parada Harahap.

Didirikan pada 20 Desember 1947.Majalah WAKTU mengklaim sebagai satu-satunya majalah berita kala itu. Di halaman dalam, terdapat tulisan ini: “Satu-satunya Mingguan yang berisi 40 halaman di seluruh Indonesia dewasa ini".

Isinya berbagai artikel baik menyangkut isu lokal maupun internasional. Ada soal politik, ekonomi, sosial, profil dan lain-lain. Ada pula cerita bersambung, cerita pendek, dan cerita bergambar (lokal dan asing).

Majalah WAKTU yang tampak di gambar adalah edisi No. 7/Tahun VI/Sabtu 23 Februari 1952.Dengan harga eceran: Rp. 3,-

(berbagai sumber)

0 komentar: