Selasa, 29 September 2009

Walikota Wanita Pertama di Indonesia

Tau Nggak! Ternyata Walikota WanitaPertama di Indonesia berasal dari Sumatera Utara. Persisnya Kotamadya Tebing Tinggi. Wanita itu adalah HJ Rohani Darus Danil, SH. Memimpin Kota Tebing Tinggi selama dua periode: 1990 - 1995 dan 1995 - 2000.

Rohani Darus dipilih oleh DPRD Tebing Tinggi menggantikan Drs Rupai Perangin-angin yang habis masa jabatannya. Rohani Darus tercatat sebagai Walikota kesebelas di Kotamadya Tebing Tinggi.

Sebelum menjadi Walikota Tebing Tinggi, Rohani Darus merupakan Sekretaris Wilayah Daerah Kabupaten Langkat. Nah, di posisi ini Rohani Darus juga tercatat sebagai perempuan pertama di Indonesia yang menjadi Sekwilda! Sebuah prestasi membanggakan, karena diraih pada era Orde Baru.

Ditangan Rohani Darus Danil, Kota Tebing Tinggi juga mengeluarkan Peraturan Daerah terkait Lingkungan Hidup. Sejarah mencatat Perda No.9 Tahun 1992 Tentang Kebersihan ini sebagai satu-satunya perda tentang lingkungan dalam 20 tahun terakhir di Tebing Tinggi. Tak Heran jika hanya di zaman Rohani Daruslah, Tebing Tinggi berhasil sertifikat Adipura dan 3 kali Piala Adipura kategori kota kecil.


(dari berbagai sumber)

0 komentar: